Bunga yang identik dengan warna merah ini sering digunakan sebagai ungkapan perasaan cinta. Bunga mawar memang memiliki keindahan namun sayangnya bunga ini memiliki duri yang tajam sehingga dapat membuat tangan mengalami pendarahan. Setiap mawar memiliki perbedaan, baik warna, susunan, ukuran, tinggi, dan jumlah durinya.

Namun apakah sebenarnya bunga mawar itu? Dari ilmu biologi dapat dikatakan bahwa mawar adalah tanaman dari ordo Rosanales. Bunga mawar selalu berbunga tanpa henti baik pada saat musim panas maupun musim dingin, bahkan untuk di negara empat musim pun bunga mawar tetap berbunga banyak. Namun kita juga harus tetap merawatnya dengan baik meskipun sebenarnya perawatan bunga mawar merupakan hal yang mudah.

Mawar juga merupakan tanaman tahunan yaitu cukup dengan anda membeli satu kali namun bunga mawar tersebut bisa tumbuh puluhan tahun. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan sekarang bunga mawar memiliki keberagaman warna, antara lain biru, pink, kuning, putih, ungu, hitam, yang konon memiliki arti tersendiri.

Bunga mawar memiliki banyak varietas yang menyebabkan orang menyebutnya dengan Rosaceae. Berdasarkan sifatnya mawar terbagi menjadi empat kelompok yaitu tanaman semak yang ditanam di pagar, mawar kerdil yang ditanam di pot, mawar pohon, dan mawar liana yang tumbuhnya merambat.

Bunga mawar aman untuk dikonsumsi karena bunga ini memiliki banyak manfaat dan khasiat. Di dalam bunga tersebut terkandung zat-zat yang berfungsi untuk menambah daya tahan tubuh, berfungsi sebagai antiseptik, dan juga sebagai pembunuh jamur yang menyebabkan keputihan. Selain itu bunga mawar memiliki aroma yang harum yang dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk menenangkan pikiran dan jiwa dan juga sebagai parfum.

Sumber : http://tanaman.org/bunga-mawar-merah_159.htm