Putih-putih melati, Ali Baba

Merah-merah delima, Pinnochio

Siapa yang baik hati, Cinderella

Tentu di sayang mama

Bunga yang pertama kali kepikiran buat ditanam adalah melati. Bukan melati air lho, soalnya dulu belum tahu juga yang namanya melati air.

Kenapa pilih melati?

1. Mudah ditanam

2. Bunganya wangi

Kenyataannya, susah banget buat bikin bunga melati ini berbunga (makanya pindah ke lain hati deh, ke Melati Air yang pasti berbunga tiap pagi. Sayang engga wangi *hiks*)

Makanya, pas melati ini berbunga, wuah.. senengnya…

Bunga melati ini sering dipakai buat upacara keagamaan, pernikahan, pelengkap teh, wewangian aromatherapy, dll

Melati yang dikenal di Indonesia adalah melati putih dan melati gambir (putih kekuningan). Kalau yang baunya wangi, ya melati putih yang dikenal dengan nama latinnya Jasminium Officinale. Asal kata Jasminium ini adalah dari bahasa Iran kuno: Yasaman. Bahkan di negara jazirah Arab, penyebutan bunga ini adalah yasmin yang artinya bunga putih.

Melati yang paling wangi adalah yang masih berupa kuncup yang dipetik di pagi hari (jam 06.00-an gitu deh).

Kalo lihat film2 indo jaman dulu, ibu2 suka mengharumkan tempat tidurnya dengan menaburkan melati; atau seperti my collague suka menyimpan semangkok melati di mobil sebagai pengganti wewangian mobil yang sangat chemical itu. Wanginya harum dan samar. Atau kalau ke toko batik di Yogya, suka juga dicampur dengan bunga kenanga (~Cananga Odorata~ punya juga lho…! *hehehe bangga nih*) dan racikan irisan halus daun pandan (~Pandanus Amaryllifolium~ yang ini juga ada di kebun). Campuran ini diletakkan di mangkok/bokor dan diletakkan di berbagai sudut toko. Makanya wanginya khas deh; selain tentunya wangi dari batik iu sendiri.

Atau kalo lagi ke tempat spa, kalo mau berendam dengan bunga yang disebut bunga setaman, tentu pakai melati juga selain mawar, cempakan dan kenanga.

Selain itu, di secangkir teh khas Indonesia hampir dipastikan ada campuran bunga melati juga. Bahkan, teh hijau dari Dilmah ada juga lho yang menggunakan melati sebagai campurannya. Wah.. paper teabag yang ini benar2 nikmat dan wangi. Namanya Special Green Tea – Jasmine (Pure green tea with natural jasmine flower).

Pastinya, banyak deh yang bisa dimanfaatkan dari sekuntum kecil putih melati.

Makanya, ayo menanam melati di kebun kita…

Penanaman & Perawatan

Pada masa awal pertumbuhan, tanaman memerlukan tambahan pupuk urea atau nitrogen yang dibutuhkannya untuk membantu perkembangan vegetatif (pertumbuhan daun, percabangan, penambahan tiggi batang dan perakaran) secukupnya, sekali dalam setiap 2 bulan. Tanaman baru akan berbunga setelah usia 10 bulan. Mula2 bunga yang dihasilkannya sedikit, tetapi setelah berusia 18 bulan, bunganya mencapai jumlah maksimal.

Pada saat berbunga ini, pupuk yang diberikan adalah pupuk yang merangsang pembentukan bunga, yang mengandung fosfor seperti pupuk TSP dengan kombinasi pupuk yang menganduk kalium seperti KCL atau ZK.

Untuk memperbanyak bunga, dapay dilakukan dengan cara pemangkasan bagian cabang tanaman atau dengan memberikan penyemprotan zat perangsang (spt: Cyocel atau Etheral) tumbuhnya bunga pada bagian bawah daun tanaman melati.

Sumber : http://admonike.multiply.com/journal/item/73/Melati_Putih