Aster merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki beragam warna yang menawan. Karena itulah aster dianggap sebagai bunga yang mempesona yang dikenal sebagai simbol pesona cinta dan simbol kesabaran, startwort, Michaelmas daisy atau bunga beku.

Nama aster sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya bintang, dan bunganya yang menyerupai bintang ini dapat ditemukan dalam beragam spektrum warna yang cantik-cantik, seperti putih, merah, pink, ungu, lavender dan biru, dan ciri khas dari bunga aster ini ditengah-tengahnya berwarna kuning yang dianggap sebagai bunga pengenal kelahiran di bulan September dan sebagai bunga untuk perayaan usia pernikahan 20 tahun.

Saat ini di pasaran bunga aster tersedia dengan enam jenis varietas. Satu varietas memiliki 3 macam warna bunga. Jadi jika dirata-ratakan, keseluruhan warna bunga untuk tanaman aster ini bisa mencapai puluhan jenis motif yang berbeda. Misalnya varietas aster Chinensis tipe princes, warna bunga yang dimiliki tersedia dengan merah muda, biru muda, biru tua, kuning muda dan putih. Varietas lainnya jenis aster Chinensis tipe liliput, bunga tersedia dengan warna putih, merah muda, merah tua dan biru.

Tanaman aster yang banyak ditawarkan di pasaran adalah tergolong dalam varietas aster Cina. Tanaman aster varietas itu, memiliki penampilan bunga hampir menyerupai bintang, mulai dari bulat sampai mirip cakram. Begitu juga, helaian bunganya yang tersusun membentuk lingkaran. Sementara itu, tangkai bunga ada yang pendek dan ada yang panjang.

Tanaman aster ini cocok ditanam di daerah pegunungan, namun tidak tertutup kemungkinan juga bisa dikembangkan di dataran rendah. Aster sendiri menyukai tempat yang terbuka atau terkena sinar matahari langsung.

Sumber : http://vibizlife.com/flowers_details.php?pg=flowers&awal=30&page=4&id=11892