Penulis : Nasa

Dahlia (Dahlia pinnata Cav.)
Bunga yang memiliki warna yang cerah dan mempesona ini berasal dari Negara Meksiko. Selain Negara Meksiko, bunga dahlia juga merupakan bunga resmi kota Seattle, Washington, Amerika Serikat.
Nama bunga ini berasal dari nama ilmuwan Swedia, Andreas Dahl. Dimana ilmuwan tersebut memiliki peran yang penting dalam pengembangan tanaman dahlia.

Saat ini sudah lebih dari 1.200 varietas dahlia yang ada. Dahlia yang dibudidayakan diantaranya terdiri dari Dahlia Pohon dan juga tanaman perdu. Bunga dahlia memiliki diameter sekitar 5 cm dan paling besar sekitar 30 cm.

Tanaman hias satu ini termasuk tanaman yang bersifat perenial atau tahunan, tumbuh merumpun dan membentuk umbi akar pada bagian dasar batangnya. Berikut beberapa klasifikasi umbi dahlia berdasarkan jenis bunganya. Untuk  jenis bunga  informal dekoratif, memiliki helai mahkota berwarna putih dengan seulas merah jambu muda pada pangkalnya, ukuran bunga besar dengan diameter 10-14 meter. Untuk jenis bunga formal dekoratif, memiliki helai mahkota bunga yang berwarna ungu atau putih, dan ukuran bunga yang sedang dengan diameter 8-10 cm. Dan jenis bunga pompon, memiliki helai mahkota berwarna merah darah atau jingga, dengan ukuran bunga yang  kecil, memiliki diameter 6-8 cm.
Dilihat dari bentuknya yang cantik, dahlia banyak digunakan sebagai bunga potong dan tanaman pot. Di luar negeri sendiri terdapat kelompok-kelompok pemerhati bunga dahlia diantaranya seperti Dahlia Society of India, National Dahlia Society of United kingdom dan American Dahlia Society.

Sumber : http://www.anneahira.com/bunga/bunga-dahlia.htm

Iklan