Beberapa langkah sederhana akan membuat bunga potong tampil segar dan cantik lebih lama. Berkontur pegunungan dan berhawa sejuk, Tomohon menjadi tempat yang pas untuk bercocok tanam. Bukan saja tanaman hortikultura, tetapi juga bunga-bunga hias alias florikultura. Beberapa langkah sederhana akan membuat bunga potong tampil segar dan cantik lebih lama.

Berkontur pegunungan dan berhawa sejuk, Tomohon menjadi tempat yang pas untuk bercocok tanam. Bukan saja tanaman hortikultura, tetapi juga bunga-bunga hias alias florikultura. Memanfaatkan bekal kesuburan tanah yang diberikan alam, Pemerintah Kota Tomohon mencanangkan proyek jangka panjang yang bertujuan menjadikan kota di Sulawesi Utara ini sebagai Kota Bunga.

Sejalan dengan cita-cita tersebut, pada 29 Juni hingga 6 Juli 2008 akan digelar Festival Bunga Tomohon. Bisa dibilang ini semacam Festival Bunga Pasadena, California, Amerika Serikat. ”Festival Bunga Tomohon akan melibatkan 10 juta bunga potong hasil pertanian setempat,” jelas Jefferson SM Rumayar, Walikota Tomohon, saat konferensi pers di Jakarta, belum lama ini.

Sejak zaman penjajahan Belanda, warga kota Tomohon sudah banyak yang menjadi petani bunga. Hingga sekarang, bunga masih menjadi andalan untuk memacu ekonomi rakyat. ”Targetnya tahun 2012 kami dapat menjadi eksportir bunga,” imbuh Jefferson.

Bunga khas
Bunga apa saja yang tumbuh subur di Tomohon? Gladiol, aster, krisan, anyelir, dahlia, dan rosida merupakan tanaman hias yang paling mudah ditemui di sana. Selain itu, ada pula Anthurium dan keladi tengkorak (Alocasia cuprea). ”Kerklily, amarilis, krisan, dan mawar juga banyak dibiakkan dan tak kalah banyak diminati,” cetus Karen Sjarief, ketua Asosiasi Bunga Indonesia.

Di Tomohon, kerklily merupakan bunga yang ‘wajib’ disediakan saat pesta pernikahan. Tradisi menghadirkan kerklily telah berlangsung turun temurun. ”Kerklily adalah lambang pernikahan,” ungkap Karen yang menjadi anggota tim perancang blue print Kota Bunga.

Di antara sekian banyak jenis bunga hias tersebut, aster tergolong bunga favorit. Sebanyak 1,36 juta potong aster dihasilkan petani bunga setempat pada tahun 2005 silam. Meski demikian, angka produksi aster masih terpaut cukup jauh dibanding gladiol. Sejauh ini, produksi gladiol mencatat rekor tertinggi. Sebanyak 2,4 juta potong gladiol diproduksi pada tahun 2005. Gladiol merupakan salah satu bunga potong yang paling banyak dicari, baik untuk hiasan di gedung pesta atau di rumah huni. Ukuran bunganya yang relatif besar membuatnya eye catching dan pantas dibeli.

Gladiol juga kaya warna. Ada gladiol merah muda, putih bergaris ungu, oranye muda, oranye, kuning, gladiol dua warna, dan tentunya putih. ”Sayangnya, gladiol cepat layu,” kata Karen. Meski begitu, kondisi tersebut masih dapat disiasati. Tentunya, teknik memanen yang benar juga harus diterapkan. ”Bunga potong sebaiknya tidak dipanen ketika mentari sedang terik. Panenlah sebelum matahari terbit atau menjelang petang,” saran Karen.

Saat memanen, potong miring batang bunga. Dengan begitu, tercipta penampang batang yang lebih luas untuk menyerap air. ”Saat membeli bunga potong di kios bunga, pilih yang tiga perempat mekar,” Karen memberi tips. Bunga yang terlanjur mekar, otomatis tidak bisa dinikmati keindahannya dalam waktu lama. Hanya dalam sekejap, bunganya akan layu dan rontok. ”Jika ingin memboyong bunga potong ke luar kota, pilih yang masih kuncup. Krisan dan gladiol, cukup tahan lama. Sedangkan, aster umurnya lebih pendek,” urai Karen.

Perawatan
Agar bunga potong yang dibeli tahan lebih lama, Anda mesti memberi perhatian ekstra pada aspek perawatannya. Hal terpenting ialah faktor kebersihan. ”Jika kebersihannya dipelihara, bunga potong pasti tahan lebih lama,” ucap Karen. Bagaimana merawatnya? Pastikan Anda menambahkan mineral pada air perendam bunga potong. ”Campurkan sedikit gula pada air dan biarkan ujung batang terendam sekitar 5 cm.”

Kebersihan vas bunga juga penting untuk dijaga. Lantas, jangan biarkan bunga hias Anda terpapar langsung sinar matahari. ”Suhu udara berpengaruh pada kesegaran bunga potong.” Gladiol, aster, dan krisan biasanya layu dari bawah. Saat itu terjadi, angkat yang layu dan potong ujungnya. ”Ingat, vas bunga yang terlalu penuh diisi air akan mempercepat pembusukan,” Karen mengingatkan. Selamat merawat bunga potong, dan nikmati keindahannya di dalam hunian Anda.

Sumber : http://www.kebonkembang.com/serba-serbi-rubrik-44/122.html

Iklan